Mencegah Submit Form Berulang Kali dengan Jquery & PHP

Mencegah submit form berulang kali dengan jQuery | sebuah aplikasi web pasti memerlukan form untuk mengirimkan data (submit) untuk di proses lebih lanjut, baik untuk disimpan ke database atau hanya sebagai data variabel pada kode website yang dibuat.

Terkadang pengguna melakukan kesalahan ketika mengirim form dengan mengirim data yang sama lebih dari sekali, penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena tidak sengaja, ada yang dengan sengaja, bisa juga karena koneksi internet yang terputus ketika sedeng mengirim form dan lain sebagainya.

Sedangkan aplikasi hanya memerlukan sekali pengiriman paket data saja dari form tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dibuat cara agar form hanya akan dikirim satu kali saja, tidak berulang kali. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya jika menggunakan PHP bisa dengan mengatur durasi waktu pengiriman dari sebuah IP address, atau dengan memanfaatkan session.

Atau bisa juga dengan memanfaatkan jquery, yaitu dengan menghilangkan atau menonaktifkan tombol submit ketika sudah di klik agar pengguna hanya bisa mengirim data satu kali saja.

Pada tutorial ini mencoba mencegah user untuk mengirim data dua kali dengan bantuan jQuery, namun sedikit menggunakan PHP sebagai pelengkap karena pengiriman data menggunakan ajax.

Demo | Download

Sumber

Tags:,

Leave a Reply

Skip to toolbar