Jenis Perangkat Lunak (Software)

Software (perangkat lunak) adalah program komputer yang berfungsi untuk membuat suatu tugas yang sudah diperintahkan sebelumnya.  Seperti Ms Word yang digunakan untuk keperluan dokumen, Autocad untuk desain, Macromedia Flash untuk membuat animasi, dan lain-lain.

Software dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Software Games –  Jenis  software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
  2. Software Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
    Software Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
  3. Media player dan pengembangan software media lainnya – Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
  4. Software Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
  5. Operating sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux
 Sumber : https://adypk.wordpress.com/2010/05/06/jenis-jenis-software/

Leave a Reply

Skip to toolbar